Selasa, 05 Februari 2013

apa itu wotagei.?

Apa yang di maksud dengan Wotagei ..?



  Apa itu Wotagei ? - Wotagei( ヲタげい) atau Otagei( オタ芸, オタげい) adalah sorakan atau gerakan tari khas yang dilakukan oleh penggemar ketika menonton konser - konser Idola. Wotagei adalah bentuk memberikan dukungan dalam acara-acara yang dilangsungkan oleh Idola atau Seiyu. Kata Wotagei atau Otagei merupakan singkatan dari “ Aidoru [W]Otaku No Gei “ *gei berarti seniloh ..!


  Tarian Wotagei termasuk sangat simple tapi memerlukan stamina yang cukup banyak karena biarpun mudah, tarian ini sangat melelahkan. Gerakannya berupa tepuk tangan seruan-seruan untuk para idolnya, goyangan tangan, dan lain-lain. dan biasanya menggunakan lightpen atau Lightstick , yaitu semacam stick yang mengeluarkan cahaya yang mempunyai warna-warna tersendiri.




Melakukan Wotagei disebut utsu ( 打つ). Ada beberapa jenis gerakan wotagei:

  Mawari( マワリ), bertepuk tangan menurut irama di atas kepala sambil melompat di tempat menghadap ke kiri dan kanan, berputar- putar


  Romansu( ロマンス),ke- 2 belah lengan diacungkan ke atas dan siku ditarik ke dalam berulang- ulang.


   Ada pula gerakan yang inspirasinya berasal dari tari kecak di Bali. Pada gerakan yang disebut kecak, sambil postur tubuh direndahkan, ke- 2 belah lengan diangkat dan ditarik secara berulang- ulang ke depan ke arah Idola di panggung.


    Memberikan dukungan kepada penyanyi Idola di panggung dengan cara bersorak bersama sesuai dengan irama lagu sudah dilakukansejak tahun 1970- an atau 1980- an oleh barisan penggemar setia para idola yang disebut “ Shin- ei Tai( 親衛隊) atau barisan pengawal. Memasuki abad ke- 21, beberapa gerakan ditambah sehingga menjadi bermacam- macam, dan dikenal secara luas sebagai “ Wotagei. “
  Dalam acara varietas Guru Guru Dokan " Atarashii Nami o Sagashite " di Fuji TelevisionWotagei diangkat pertama kali sebagai topik bahasan. Anggota tim sepak bola J. LeagueKawasaki Frontale melakukan Wotagei versi Kawasaki Frontale di hadapan penonton. Mereka menyebutnya sebagai “ Ntagei “( ンタ芸) dari kata frontale + gei pada acara hari berterima kasih kepada penggemar tahun 2007. Setelah diliput media massa, keberadaan Wotagei diketahui secara luas oleh masyarakat umum di Jepang. Selain itu ada pertunjukan live yang diadakan secara khusus untuk mempertunjukkan Wotagei.

    Partisipasi penonton sangat penting dalam konser grup idola Jepang. Wotagei menambah semarak konser dan membangun rasa kebersamaan antara “ Penonton Dan Idola “ di atas panggung, serta sesama rekan Wota.
Dan ngomong- ngomong tentang Wotagei, aku ingin memperkenalkan kembarannya Wotagei, yaitu Chant Mix. 

 Mix( ミックス, mikkusu) adalah sorakan beramai- ramai penonton pada konser idola, termasuk pada konser AKB48 dan grup- grup saudara kembarnya. Meskipun sering diragukan sebagai bagian dari Wotagei, Mix termasuk salah 1 dari banyak unsur Wotagei. Mix sudah dikenal di kalangan Wota sejak akhir 1990- an. Kata- kata Mix yang disorakkan seragam dan ada standarnya.

 Chant Mix disorakkan sewaktu overtur, intro( awal lagu), dan sewaktu tempo lagu melambat. Mix berakhir sebelum idola mulai menyanyi. Mix tidak dilakukan untuk lagu bertempo pelan, sedih, atau balada. Pada lagu yang dimulai secara tiba- tiba seperti "Heavy Rotation, “ Mix ditunda hingga interlude( bagian instrumental).

Ada beberapa variasi Chant Mix yang dikenal kalangan Wota. Berikut ini adalah Chant Mix standar untuk wota AKB48 dan grup- grup saudara kembarnya, seperti JKT48 :

" Aaaa ... Yossha Ikuzo! Taiga, Faiya, Saiba, Faiba, Daiba, Baiba, Jya, Jya!( あ~よっしゃいくぞー!タイガー、ファイヤー、サイバー、ファイバー、ダイバー、バイバー、ジャージャー) Aaaa ... Yossha Ikuzo! Tiger, Fire, Cyber, Fiber, Diver, Viber, Jya Jya! “

“ Aaaa ... Yossha Ikuzo! “( Ayo mulai!) adalah komando untuk memulai sorakan, diikuti pelafalan bahasa Jepang untuk kata- kata bahasa Inggris, Tiger, Fire, Cyber, Fiber, Diver, dan Viber. Alasan kata- kata tersebut dipilih juga tidak diketahui pasti.

  Ada pula variasi Chant Mix yang menggunakan kata- kata asli bahasa Jepang ( Japanese Mix) dan Mix dari bahasa Ainu (Ainu Mix), atau campuran dari standar, Jepang, dan Ainu. Kata- kata bahasa Jepang atau bahasa Ainu yang dipakai merupakan terjemahan dari Tiger,Fire, dan seterusnya.

  Ada berbagai penjelasan tentang asal usul Chant Mix, namun semuanya simpang siur bagaikan legenda urban. Chant Mix seperti halnya Wotagei diperkirakan berawal dari reaksi spontan atau partisipasi penonton di konser idola Jepang. 

Apa arti OSHIMEN?
   Arti OSHIMEN adalah member yang kita dukung, Kata OSHIMEN juga gabungan dari 2 kata, OSHI dan MEN Oshi artinya : didukung dan Men adalah singkatan dari MENBA, menba itu ya member,hahaha.MENBA artinya Member (dalam bahasa inggris) atau anggota (dalam bahasa indonesia).
 

OSHIHEN
   Oshihen adalah suatu SIKON (situasi dan kondisi) dimana seseorang ganti oshimen. hal ini dianggap kurang sopan oleh oshimenyang dtinggalin, sedihnya~


 

SENBATSU
   Senbatsu adalah Penyanyi Utama yang menyanyikan lagu lagu UTAMA (di AKB48 disebut lagu sisi A)
 

SENBATSU SOUSENKYO
   Artinya adalah Pemilihan Penyanyi Utama (Senbatsu) yang digelar oleh AKB48 mulai tahun 2009 dan secara rutin satu tahun sekali biasanya dengan cara Voting dari penggemarnya. caranya penggemar di berikan tiket untuk memberikan voting biasanya di dapatkan dari single sebelumnya
 

JANKEN SENBATSU
   Artinya Pemilihan Penyanyi utama dengan cara melakukan Kompetisi JANKENPON (suit Jepang)
 

UNDER GIRLS
   Under girls adalah member yang poin votingnya di bawah senbatsu biasanya antara 20-40 dan mereka yang akan menyanyi di lagu sisi B
 

KAMI 7
   Dalam AKB48 ada 7 member yang popularitas nya tidak pernah goyah dalam SENBATSU SOUSENKYO
Mereka Adalah Atsuko Maeda , Yuko Oshima , Mariko Shinoda , Mayu Watanabe(ah mayuyu chan!!!) , Haruna Kojima (harunyan~~~) , Minami Takahashi ,Tomomi Itano. tapi pada SENBATSU SOUSENKYO ke - 3 ada satu nama yang merusak tradis 7 Besar tersebut yaitu Yuki Kashiwagi (buat penggemarnya Yuki Jangan tersinggung ^_^)

KENKYUUSEI
Research Student atau bisa dibilang tim cadangan mereka adalah trainee di AKB48 sekarang banyak Fans yang OSHIHEN ke para kenkyuusei jika para senior mereka telah graduate AKB48 tidak mengadakan audisi lagi tetapi mengganti senior mereka dengan member dari tim cadangan atau kenkyuuse.

0 komentar:

Posting Komentar

Labels

Footer Widget 2

Mengenai Saya

Foto saya
saya ni orang nya tidak suka berkelahi,pendiem,benci orang banyak omong,DLL.

Pengikut